About

Minggu, 03 Juni 2012

Greek Myth (Mitologi Yunani)

Greek Myth
(Mitologi Yunani)

Mitologi Yunani, Kenapa saya memposting tentang mitologi yunani, karena mitologi Yunani terbilang komplit dan cukup kompleks yang menyuguhkan hiburan serta pengetahuan bagi kita untuk mengenal sisi lain dari budaya Yunani. Saya sendiri secara pribadi senang dengan cerita berbau mitologi, dan Yunani menyuguhkan sebuah kompleksitas cerita yang menarik untuk di ikuti. Mitologi Yunani memang di ciptakan oleh para sastrawan dari Yunani yang tepengaruh akan agama-agama dan kepercayaan kuno Yunani. Mitologi ini mereka ciptakan karena adanya dahaga akan konsep sang pencipta yang tak kunjung mereka temukan hingga akhirnya mereka menciptakan "Sang Pencipta". Namun sayangnya dunia barat seperti yang saya temukan di wikipedia bahwa mereka "tidak" menghormati konsep ketuhanan (dewa) yang diyakini oleh bangsa yunani dengan mengatakan bahwa Mitologi Yunani hanya sebuah cerita akan kumpulan makhluk yang menyerupai dewa. Begitulah pendapat Karl Kerenyi (lihat Profil di Wikipedia) seorang ilmuwan yang mempelajari tentang studi modern mitologi yunani.
Olympians
Mitologi Yunani sendiri mengedepankan dua aspek, yang pertama adalah aspek ketokohan dan yang kedua adalah cerita dan konflik yang terjadi yang membentuk tokoh itu sendiri. Contohnya adalah bagaimana cerita keplayboyan Zeus tergambar jelas di dalam mitologi tersebut, atau bagaimana ekspresi kecemburuan yang di keluarkan oleh para Isteri dewa-dewa Olimpus saat mengetahui suami-suami mereka jatuh hati dengan wanita lain. Memang sifat manusiawi dalam karakter dewa-dewa yunani ini melemahkan konsep dewa-dewi dalam mitologi mereka namun justru hal itu yang membuat cerita dalam mitologi mereka selalu terdengar menarik dan eksklusif. Bahkan jika anda menilik pada film-film atau buku-buku di dunia ada begitu banyak versi cerita yang diciptakan untuk menceritakan hanya satu tokoh, Sebut Saja, Herkules (Herakles), Perseus, Zeus, dsb. Namun entah kenapa setiap cerita itu selalu dan selalu saja ekslusif untuk kita simak.

Tokoh-tokoh utama dalam mitologi Yunani.

1. Khaos (Dewa Pertama)
Khaos adalah dewa yang pertama ada, konon dari Khaos lah bisa tercipta dewa-dewa besar utama lainnya, seperti Gaia, Tartaros, Eros, Niks, dan Erebos.

2. Tartaros
Tartaros adalah sosok dewa yang diafiliasikan sebagai tempat pembuangan, sama seperti Gaia Dewi yang diafiliasikan sebagai Bumi (tanah), Uranus (Langit), atau seperti Niks (Malam).

3. Khronos
Khronos, adalah dewa yang statusnya sebenarnya cukup simpang siur, beberapa sastrawan dan sejarawan mengatakan bahwa Khronoslah dewa pertama, yang kemudian bersama Pasangannya Ananke lahirlah Khaos, Sebab dari segi bahasa Khronos bermakna waktu dan Ananke bermakna keniscayaan.Sehingga konon dari Waktu di tambah Keniscayaan terlahirlah seluruh makhluk.

4. Ananke
Ananke, adalah pasanagan dari Kronos, dewi yang digambarkan memegang gelondongan benang. Ananke bermakna keniscayaan.

5. Uranus
Uranus merupakan keturunan langsung dari Khaos (atau mungkin Khronos) sebab Uranus sendiri sebenarnya bagian dari Khaos (atau mungkin Khronos) Jadi intinya Uranus bukanlah hasil pernikahan melainkan anak dari bagian tubuh sang dewa pertama (entah itu Khaos atau Khronos). Proses ini mirip seperti perkembang biakan amoeba. Jadi intinya Uranus merupakan bagian kecil dari Khaos/Kronos. Uranus sendiri merupakan afiliasi dari Langit Sedangkan Rea (beberapa versi cerita Pasangannya adalah Gaia yang juga saudarinya sendiri/ sadis banget) pasangannya adalah diafiliasikan sebagai Bumi.

6. Gaia
Gaia adalah dewi bumi yang merupakan saudari dari Uranus, dia juga merupakan afiliasi dari Khaos, Gaia di simbolkan sebagai dewi bumi. Dimana pasca terciptanya Gaia maka tercipta jugalah Uranus yang menutupinya (uranus=langit). Dan dari Gaia jugalah bisa tercipta Olympus (kediaman para dewa).

7.Kronos
Kronos beda lho sama Khronos, Kronos adalah putera dari Uranus dan Gaia, Kronos dan Saudara/i nya sudah beda dengan keturunan sebelumnya, Jika dewa-dewi pada masa ayahnya (Uranus) digambarkan sebagai personifikasi (berupa sifat, dan tempat) namun Kronos sudah digambarkan sebagai bentuk utuh dewa (memiliki gambaran fisik). Kronos menggulingkan tahta ayahnya Uranus pada Masa keemasan Hingga akhirnya Uranus mengutuk anaknya sendiri bahwa kelak Cucunya (anak-anak Kronos) akan menggulingkan tahtanya.

8. Zeus
Zeus dalam mitologi Yunani, dikenal sebagai ayah dari para dewa dan manusia. Zeus dalam berbagai cerita memiliki sifat yang sama dengan saudara/i nya yang lain yakni playboy. Setelah menciptakan manusia Zeus banyak jatuh cinta dengan ciptaannya sendiri. Zeus pada masa kelahirannya di sembunyikan oleh Rea (Ibu dari Zeus dan Juga Istri dari Kronos) dari Kronos karena Kronos memakan anaknya sendiri. Zeus digambarkan sebagai penguasa Olympus dan memiliki kekuatan dalam menguasai Petir. Petir Zeus adalah senjata terkuat diantara senjata lainnya milik saudara-saudaranya. Sebenarnya Zeus adalah putera bungsu. Ketika dia melakukan kudeta dia menyelamatkan kedua saudaranya Poseidon dan Hades dari Tartarus setelah tertelan oleh ayahnya Kronos. Dia bersama dewa lainnya menggabungkan kekuatan untuk menghancurkan tahta Kronos.

9. Poseidon
Poseidon adalah dewa penguasa Air, Laut, Samudera, Sungai dan Danau. Poseidon memiliki kenderaan berupa ikan setengah kuda. Poseidon memiliki Istri bernama Amfitrit. Senjata Poseidon yakni trisula ditempa oleh para Cyclops. Poseidon memiliki kekuatan yang mendekati kekuatan Zeus.

10. Hades
Hades adalah putera tertua dari Kronos, Ketika dilahirkan Hades di makan oleh ayahnya sendiri. Setelah Diselamatkan oleh Zeus dan melakukan kudeta, Hades tertipu oleh Zeus saat pembagian wilayah kekuasaan dia terbuang kedunia bawah, Menjaga tartarus. Sehingga sebagian orang menganggap bahwa Hades adalah dewa kematian. Hades biasa mengendarai Kereta perang yang ditarik empat kuda hitam. Hewan Ganas bernama Cerberus merupakan hasil karya ciptanya.

Jelas kesepuluh dewa diatas adalah tokoh utama berdirinya konsep mitologi yunani yang kelak menghadirkan ratusan dan bahkan ribuan cerita. Melalui keturunan-keturunan mereka. Seperti Perseus atau Herkules (Heracles). Mereka adalah pembentuk dari Cerita Awal Mitologi Yunani yang membuat kisah-kisah itu selalu terkenang sepanjang masa.

Sekian dulu Postingan-Postingan Blog Ini Jangan lupa untuk melihat-lihat isi blog ini ya. See Ya.


0 komentar:

Posting Komentar

About

Abdillah Fauzan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
;