About

Sabtu, 02 Juni 2012

Ini Duniaku

This Is My World



Apa sih itu bumi...?? 

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta km atau 1 AU (astronomical unit). Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa.
Lapisan udara ini menyelimuti Bumi hingga ketinggian sekitar 700 km. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer.
So this is My world, your world and our world.

I have some facts about our beautiful home, here they are.

  1. Bumi kita berdiameter lebih dari 24 ribu mill atau sekitar 40 ribu kilo meter ditarik tu garis katulistiwa maka ukurannya lebih dari 40 ribu Km dengan Massa bumi lebih dari 59.760 ton dan luas lebih dari 500 km persegi.
  2. Tempat terpanas berada di El Azizia di Libya, dan Terdingin tentunya di Antartika (brrr).
  3. Umur bumi sekitar 4.5 Milyar tahun (Tua banget yakk) dan bebatuan tertua yang pernah ditemukan berusia 4.2 Milyar tahun di Kanada maksudnya bahwa bebatuan ini merupakan batu yang tidak pernah terusik semenjak lebih dari 4 milyar tahun yang lalu, sehingga usia bebatuan ini dapat dihitung sekitar lebih dari 4 milyar tahun (wooow keren).
  4. Bumi memiliki gravitasi (gaya tarik bumi (wuiidih)) yang tidak merata, disebagian tempat gravitasi terasa lebih besar dibanding tempat lain seperti di kanada maupun di segitiga bermuda (konon gravitasi ini yang banyak menelan korban jiwa).
  5. Manila adalah kota terpadat di dunia.
  6. Bumi konon pernah memiliki kerajaan termegah yang bernama atlantis dan konon lagi nih bahwa atlantis itu ternyata Indonesia lo.
  7. Satelit bumi yaitu bulan juga pernah merasakan gempa akibat jarak antara bulan dan bumi. Bumi juga katanya punya dua satelit namun bulan yang satu lagi menabrak bulan lainnya hingga menghasilkan bulan yang sekarang.
  8. Indonesia Berada di garis Khatulistiwa dengan memiliki sejumlah titik tengah (0) di tiga pulau besar di Indonesia.
  9. 2/3 dari bumi adalah air, jadi sekitar 70% adalah air. fakta lain dan juga menarik terdapat jutaan ton emas terkandung dalam mineral pada air laut.
  10. Fakta unik terakhir tentang bumi bahwa bumi selalu bergerak, dan orang-orang yang tinggal di garis khatulistiwa jauh bergerak lebih cepat ketimbang yang tinggal di kutub utara.

Nah itu tadi soal bumi, lain kali kita akan mencoba sharing tentang Dunia di sekitar kita. See ya.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Abdillah Fauzan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
;