About

Rabu, 06 Juni 2012

Prometheus (2012)

Prometheus (2012)
(Movie of This Week)
(Film Minggu Ini)

Prometheus (Film). Malam ini saya kembali mengulik sebuah film. Namun kali ini sebuah film yang baru saja rilis satu minggu yang lalu, yakni 30 May 2012 di Francis, sedangkan pada tanggal 1 Juni rilis di Amerika Serikat dan Kanada. Prometheus jika dilihat dari sisi bahasa jelas merupakan sebuah nama dari Mitologi Yunani, Yakni seorang penentang Zeus sang dewa agung olimpus. Zeus mengikatnya untuk dihukum karena telah mencuri api dari para dewa dan menyerahkannya pada manusia sehingga akhirnya manusia bisa mengenal api. Hukuman tersebut berupa diikat disebuah tiang dan kemudian Zeus mengutus burung raksasa untuk mematuki hati dari Prometheus namun hati itu terus tumbuh dan tumbuh kembali. Begitulah sekilas Prometheus jika dipandang dari sisi sejarah. Namun sebenarnya Film Prometheus bukanlah film mitologi. Jika anda melihat gambar dibawah ini maka anda bisa mengetahui tema dari film ini. Ya, Film ini mengangkat tema scientific fiction. Kisah ini menceritakan tentang sosok kapal angkasa bernama Prometheus dimana awak mereka memiliki tugas untuk mencari kehidupan yang bisa membuat bumi maju. Mereka mencari kehidupan asing berdasarkan peta bintang yang dibuat oleh peradaban kuno. Namun apa yang mereka harapkan Elizabeth Shaw (diperankan oleh Noomi Repace), seorang android yang bernama David (diperankan oleh Michael Fassbender) dan juga Peter Weyland (diperankan oleh Guy Pearce) justru berbeda, mereka justru menemukan "sesuatu" yang bisa hancurkan bumi.

Film ini sebenarnya seperti bentuk dari sekuel dari film scientific horror tahun 1979 yang berjudul Alien. Serta masih punya koneksi cerita dengan film tahun 2003 Alien vs Predator. Yang juga di dalangi orang yang sama yakni Ridley Scott. Hampir seperti film Alien vs Predator film ini memberikan sebentuk kisah akan monster-monster luar angkasa. Namun tentunya dengan bentuk yang tidak se"wow" film Alien vs Predator.

Nilai Plus dari film ini tentunya tidak lain dan tidak bukan kebanggaan Hollywood akan special effects yang tersaji dan tinggal disantap oleh penontonnya. Dan jelas bagi penggemar film sejenis yang mengedapankan sulap-sulap luar biasa dari para ahli special effects Hollywood akan tidak sabar menanti rilisnya film ini di Indonesia. Prometheus (2012) menarik dari segi kisah akan android yang bernama David yang masih berhubungan dengan sejarah pencarian dari kapal Prometheus sendiri. Dalam pemutaran Perdana di Inggris Prometheus (2012) jelas berhasil mengeruk untuk lebih dari 3 juta USD dari hasil minggu pertama, 2 juta USD di Rusia, dan 1.5 juta USD di Prancis. Dari segi alur dan Plot terdapat beberapa yang harus kita kritisi diantarnya bagaimana datarnya plot tersebut serta jalan cerita yang mudah di tebak (predictable). Sehingga beberapa stigma negatif bermunculan dari para kritikus film yang mengkritik film Prometheus (2012) ini. Seharusnya Mr. Scott Berterima kasih pada pada Michael Fassbender (Lihat Profil Fassbender di Wikikipedia Bahasa Inggris) Sebab pujian akan kemampuan pembawaan Fassbender dalam film ini menunjukkan keberhasilannya dalam memerankan tokoh android bernama David ini. Sehingga layaklah pria yang juga memerankan Magneto dalam film X-Men First Class ini mendapat acungan jempol dari saya.



Dari review diatas saya memberikan point 7.8/10. Sedangkan pada IMDB (Internet Movie Data Base) Film Prometheus ini mendapat nilai yang tidak jauh berbeda yakni 7.9/10 jadi bagi yang tidak sabar film ini akan segera rilis di Indonesia. Ingin lihat review film box office lainnya? Silahkan Klik Disini. See Ya.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Abdillah Fauzan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
;