About

Senin, 11 Juni 2012

Keluarga Besar Monster Yunani (Ayah, Ibu dan Anak-anaknya)

Keluarga Besar Monster Yunani
(Ayah, Ibu dan Anak-Anak Monster Ngumpul)

Yunani kaya akan mitologinya, salah satunya ya tentang ke menakjuban akan makhluk-makhluk menakjubkan yang merupakan hasil olah pikir para filsuf yang terinspirasi oleh alam. Sebagian monster ini tercipta tidak utuh, seperti peranakan dewa manusia, atau peranakan terlarang dewa dengan dewa. Namun Yunani juga memiliki sebuah keluarga monster utuh, jadi merupakan keluarga yang terdiri dari monster dari Ayah, Ibu dan anak-anak monsternya.

Ini dia para keluarga Monster dimulai dari bapaknya gan...

1. Typhon (Ayah)
Dalam mitologi Yunani Tifon (Τυφῶν, Tuphōn) atau Tifoeus (Τυφωεύς, Tuphōeus) adalah monster naga raksasa yang berkepala seratus dan bersayap. Tifon adalah anak terakhir Gaia (bumi) dan Tartaros. Menurut Apollodoros, Tifon lahir di Sissilia.

Tifon adalah monster setengah manusia. Tifon berukuran sangat besar dan lebih tinggi dari gunung. Di bawah tangannya, terdapat seratus kepala naga dan dibawah pahanya terdapat banyak Ular Berbisa. Tifon juga bisa menyemburkan api.

Tifon memiliki pasangan bernama Ekhidna, Sehingga mereka berdua mendapat Julukan orang tua monster, Tifon adalah sang ayah monster dan Ekhidna adalah Ibu monster. Anak-anak mereka yang terkenal adalah Cerberus, Chimaera, Hydra, Singa Nemea, Sphinx, Orthros, dan Cyilla.
Setelah mengalahkan para titan , para dewa Olimpus harus menghadapi Tifon. Hanya Zeus yang berani melawan Tifon. Dalam pertarungannya, Tifon berhasil memotong urat di tangan dan kaki Zeus sehingga Zeus tak bisa menggunakan petirnya. Tifon kemudian mengurung Zeus di sebuah gua.
Hermes, putra Zeus, mengambil urat Zeus yang terpotong dan memasangnya kembali pada badan ayahnya. Zeus, yang bisa menggunakan petirnya lagi, kemudian bertarung lagi dengan Tifon. Kali ini Zeus berhasil mengalahkan Tifon dengan petirnya dan mengurunya di bawah Gunung Etna atau di pulau Sisilia.
Tampang Typhon



2.Ekhidna (Ibu)
Ekhidna (Bahasa Yunani : Ἔχιδνα) adalah Drakaina dalam Mitologi Yunani. Namanya berarti "wanita ular". Ekhidna disebut sebagai "Ibu dari Semua Monster". Ekhidna bersarang di sebuah gua yang disebut Arima. Hesiodos menggambarkan Ekhidna sebagai monster raksasa yang bersama pasangannya, Tiphoeus atau Tifon , melahirkan berbagai monster mengerikan di mitologi Yunani. Sebagian orang menganggap bahwa banyak monster dilahirkan oleh Ekhidna, namun sebenarnya anak-anak Ekhidna hanya berjumlah 6 saja.

Ekhidna kemungkinan adalah keturunan dari Tartaros dan Gaia, atau Keto dan Forkis. Tubuh bagian atasnya adalah wanita tapi bagian bawahnya adalah ular. Ekhidna juga sering digambarkan bersayap atau memiliki dua ekor.

Dalam suatu serangannya bersama sang suami (Tifon) ke Olimpus, Zeus berhasil mengalahkan mereka dan mengurung Tifon, Namun Zeus membiarkan Ekhidna dan anak-anak monsternya untuk tetap hidup sebagai tantangan bagi para pahlawan di masa itu. Ekhidna mati ditangan raksasa bermata seratus Argus Panoptes.

Sosok Echidna sang Mother Monster yang Asli


ANAK-ANAK MONSTER


1. Ladon
Ladon adalah sosok monster yang merupakan anak dari Typhon dan Echidna, Ladon memiliki bentuk naga dengan beberapa buah kepala. Ladon merupakan penjaga dari apel keramat Zeus saat melamar Hera. Ladon melilit di sepanjang pohon tersebut.

Sosok Ladon

2.Hydra
Hydra adalah monster betina yang merupakan bentuk dari gabungan ular, manusia dan reptil. Wajah hydra menyerupai sosok wanita yang buruk rupa. Sama seperti Ladon Hydra juga tewas di tangan Herkules (Heracles).

3.Chimaera
Chimaera adalah sosok hewan yang sedikit berbeda dari yang lain dimana sosoknya mengedepankan bentuk dari singa. Dimana Chimaera memiliki wajah dan tubuh singa dan juga sebuah kepala tambahan di pundak berbentuk kambing. Namun darah ular mengalir deras ditubuh monster ini terbukti dengan ekor ular terpancang menggantikan ekor surai singanya. 
Sosok Chimaera (Rada-rada anime nee gambar)

4.Orthrus
Orthruss adalah monster yang juga mirip dengan sosok chimaera hanya saja berbeda dengan Chimaera yang mengedapankan sosok singa, Orthos memiliki sosok berupa Anjing berkepala dua. Sehingga Orthus terkesan lebih mirip dengan Cerberus Saudaranya berkepala tiga. Namun dalam karya-karya filsuf Yunani Orthrus juga merupakan anjing penjaga dunia bawah sama seperti Cerberus. Beberapa karya lain menyebutkan Orthrus merupakan penjaga dari peternakan Geryon raksasa yang merupakan cucu dari Medusa.
Orthus Yang di kalahkan oleh Heracles


5.Crommyonnian Sow
Crommyonnian Sow merupakan sosok monster babi raksasa. Yang terbunuh di tangan Theseus pada awal abad.
Theseus sedang bertempur lawan Crommyonnian Sow

6. Scylla
Monster betina satu ini mirip seperti ibunya, merupakan sosok iblis wanita dengan tubuh separuh ular yang memanjang kedalam dasar laut, di sekeliling pinggang Scylla terdapat kepala-kepala serigala kelaparan yang menyalak. Scylla terletak disebuah selat mematikan yang berada di Calabria.
Seksi Banget Ilustrasinya


Sampai Jumpa di Postingan Blog ini lainnya, Lihat Juga Para Dewa Utama Mitologi Yunani (Main God in Greek Myth), See Ya.

0 komentar:

Posting Komentar

About

Abdillah Fauzan. Diberdayakan oleh Blogger.
 
;